PENGUMUMAN: "Jangan Lupa, BELI BUKU BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA,mulai 9 Juni 2014 di toko buku terdekat."

Profil Hanum Rais

Hanum Salsabiela Rais, adalah putri Amien Rais, lahir dan menempuh pendidikan dasar Muhammadiyah di Yogyakarta hingga mendapat gelar Dokter Gigi dari FKG UGM. Mengawali karir menjadi jurnalis dan presenter di TRANS TV.
Hanum memulai petualangannya di Eropa selama tinggal di Austria bersama suaminya Rangga Almahendra dan beke rja untuk proyek video podcast Executive Academy di WU Vienna selama 2 tahun. Ia juga tercatat sebagai koresponden detik.com bagi kawasan Eropa dan sekitarnya.
Tahun 2010, Hanum menerbitkan buku pertamanya, Menapak Jejak Amien Rais: Persembahan Seorang Putri untuk Ayah Tercinta. Sebuah novel biografi tentang kepemimpinan, keluarga dan mutiara hidup.

96 comments :

  1. Thanks Mba Hanum atas bukunya 99 Cahaya dilangit Eropa. Aku suka cara bercerita mba Hanum yang sederhana, mudah dipahami dan enak untuk diulang dan diulang lagi membacanya. Aku berpikir andai buku sejarah bisa bertutur sederhana tentunya banyak sejarah disuka dan dibaca oleh siswa. Aku mulai mencoba untuk menjelaskan kepada siswa ku dengan bahasa yang sederhana yang bisa dipahami oleh siswa, Aku berharap siswaku bisa lebih mencintai dan berbangga dengan kebesaran agamanya (Islam) yang dulu pernah berjaya, serta mengambil hikmah dari semua peristiwa dimasa lalu. Sukses terus mba Hanum, Buku mu membuat aku ingin sekali bisa mengunjungi negara Eropa dan bisa melakukan perjalanan seperti mu sehingga menambah rasa cinta dan bangga terhadap agamaku, Islam

    ReplyDelete
  2. sama-sama renjani. Terimakasih banyak, smoga kisah dalam 99 cahaya bsa diterima dengan baik juga ya. Salam buat siswa-siswinya :)

    ReplyDelete
  3. mba hanum, setelah saya baca bukunya menarik sekali. seolah-olah saya ada dalam cerita tersebut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear putri,
      Buku yang judulnya mana say? :)
      Wah senangnya... bisa berimajinasi ada di eropah hehhee :D

      Delete
  4. mba hanum, mau nanya kalo mau ngundang mba hanum bisa ngehubunguin kemana ya mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dear ali nur,
      silahkan kirimkan email ke hanumrais[at]gmail.com

      Delete
  5. iya mba, nanti teman saya yang menghubungi mba ya, nama nya intan

    ReplyDelete
  6. Dear Mba Hanum,
    Dulu sewaktu sekolah, pelajaran yang paling tidak saya sukai adalah sejarah, menurut saya membosankan.
    Tapiii... buku 99 Cahaya di Langit Eropa membuat saya ingin membaca kembali berbagai sejarah mengagumkan tentang kebesaran Islam.
    Seperti Ibu guru Renjani, saya juga berharap mudah2an buku2 sejarah di kemudian hari bisa "ringan" seperti buku Mba Hanum sehingga anak2 akan lebih suka membaca sejarah.
    Terima kasih mba Hanum, karena membaca buku Mba, saya jatuh cinta kembali dengan agama saya.

    Salam,
    Eli

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Agastya, saya turut senang jika buku ini dapat menginspirasi lebih banyak orang.

      Terimakasih banyak ya, sudah membaca buku saya

      Delete
  7. sekarang mbak tinggal di mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam, Linda. Sekarang saya berdomisili di Yogyakarta, mbak. :)

      Delete
  8. salam kenal mba saya riska dari samarinda. saya sudah baca buku mba meskipun pinjem punya temen sih..heheh. subhanallah awesome banget mba.membuka pikiran saya yang menganggap dunia barat itu penuh dengan hal-hal buruk saja. karena buku mba wawasan saya semakin luas dan jadi pengen ke sana.heheh. terima kasih mba udah ngajak saya jalan2 keliling eropa meskipun cuman lewat buku. tapi ini sangat menginspirasi saya.sekali baca nda bakal mu berhenti. kata-katanya pun sangat indah. saya juga punya mimpi untuk bisa travelling kemana aja dan bisa nulis buku kayak mba. amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, Mbak Rizhuka.
      terimakasih ya, sudah membaca bukunya. Iya, Insyallah diberi kesempatan travelling ke eropa juga ya ^^

      Delete
  9. salam kenam mbak Hanum. senang sekali bisa membaca karya mbak hanum yang sangat cantik seperti 99Cahaya. mbak share ke kita donk foto2 yang mbak ambil dari 99cahaya. lebih banyak lagi. let we know what your feeling when you arived at the places?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu saja film 99 Cahaya ya mba. Gambarnya bisa lebih live :)

      Delete
  10. mba hanum sekrg d yogyakarta ? insya allah saya ke eropa jg

    ReplyDelete
  11. mba hanum , melaui bukunya sy pastinya sy berada di eropa. slh 1 impian sy ke eropa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat menjelajah eropah ya mba chicha x:

      Delete
  12. salam kenal kak hanum...
    suka banget deeh sama bukunya kakak yg 99 cahaya di langit eropa !!
    subhanallah kisah yang sangat apik kak, membuat aku ketagihan selalu mengulang kisah yang ada di novel kakak,, keliling eropa itu ada di salah satu daftar impianku yang aku tulis looohh kak, semoga aku bisa menysul kakak untk mwujudkan impianku, keliling eropa !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mba vivi,
      Terimakasih ya apresiasinya. Didoakan segera bisa menjelajahi eropa. Amien

      Delete
  13. Thank's mba hanum saya suka buku tentang ayahanda nya mba hanum .... Karena saya adalah penggemar berat Amien Rais dan partai PAN sejak dulu... Dan kisah kepribadian nya Amien Rais hampir sama dengan salah satu tokoh idola saya yg satu kampung dengan saya yaitu Buya Hamka... Saya paling suka membaca buku-buku tentang tokoh-tokoh yg saya kagumi..

    ReplyDelete
  14. Thank's mba Hanum saya suka buku menapak jejak Amien Rais nya.... Karena saya penggemar berat Amien Rais dan partai PAN ... Di mana saya masih ingat kampanye PAN dan ayahanda nya mba hanum di kampung saya di sumbar dulu...dan di kampung saya sumbar PAN selalu no 1 karena mayoritas muhammadiyah juga...dan kepribadian ayahanda nya mba Hanum di dalam buku ini saya baca hampir mirip dengan salah satu tokoh idola saya juga...yg berasal dari kampung saya sumbar juga...yaitu Buya Hamka... Senang mungkin ya mba rasa nya kalu bisa berguru dan belajar banyak ilmu dengan tokoh idola saya seperti ayahanda nya mba Hanum ya...karena saya gak kesampean dulu pengen berguru dan belajar menimba ilmu dengan Buya Hamka...karena saat saya berada di dunia ini Buya Hamka sudah tiada... Saya tunggu buku-buku tentang Amien Rais selanjut nya mba Hanum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas iman atas apresiasinya, smoga org2 seperti pak Amien Rais dan Buya Hamka selalu diturunkan Allah untuk bangsa tercinta ini.

      Salam buat saudara-saudara di sumbar ya.

      Delete
  15. Salam mbak hanum, masih ingat saya?

    saya winda mba, yang dulu serombongan dengan Hanna waktu ke Wina.

    Mba, saya sudah baca 2 buku mba. Isinya luar biasa mba; kalo udah baca ngga bisa ditaroh, harus dihabisin dulu.. hehe.. isinya cerdas dan berbobot; mbak hanum banget deh pokoknya :) dari 99cdle saya jadi tau tentang Hagia Sophia dan Mezquita; kisah yang menarik sekali :)
    saya dengan 99cdle mau difilmkan ya mba? wah, ga sabar menanti.. :)
    sukses untuk filmnya dan juga Adi TV! amin!
    Salam jg untuk Mas Rangga, sukses ya mbak hanum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. siapa ya... :)

      salamnya sudah disampaikan ke mas rangga.
      Sukses selalu juga ya mba...

      Delete
  16. assalamu'alaikum mbak Hanum...subhannallah...mbak beruntung banget bisa menikmati jejak peninggalan masa keemasan Islam dan kemudian membaginya dalam sebuah cerita yang ringan, mengalir hingga seolah mengajak kita "jalan-jalan bareng":).Semoga menjadi berkah bwat mbak dan siapapun yang telah membacanya dan akan membacanya...
    Jujur, untuk meng-khatam-kan buku 99 Cahaya di Langit Eropa tidak butuh waktu lama. Karena sudah seperti lem, nempel di tangan.heheeee...Paling menarik bagi saya adalah ketika Fatma membalas penghinaan ketiga turis dengan mentraktir mereka. Sungguh sangat menginspirasi. Sikap yang luar biasa dari seorang muslimah dalam meneladani Rosulullah ketika menerima sebuah penghinaan.
    terimakasih mbak Hanum...telah membagi kisah-kisah indahnya..do'akan saya bisa menjadi agen muslim yang baik :)

    ReplyDelete
  17. Assalamu alaikum Mbak Hanum,
    Kalau ingin berkorespondensi melalui email bisakah? Saya bisa menghubungi ke mana?

    Salam hangat
    Lyf
    Melbourne

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan email ke hanumrais@gmail.com mba.

      Delete
  18. salam kenal mbak Hanum
    penasaran pingin baca bukunya
    insyaallah klo balik ke indonesia (aceh) bakalan saya cari tu buku 99 Cahaya di Langit Eropa

    ReplyDelete
  19. Amiinnnn,,. Semoga saja mba hanum..orang" seperti pak amin rais dan buya hamka akan selalu ada untuk bangsa ini... Iya mba,,nanti kalau pulang ke padang saya salamkan untuk saudara-saudara di san,, soal nya saya tinggal di jakarta mba hanu... 2 tahun sekali pulang kampung nya... Maaf sebelum nya mba hanum... Apa boleh saya bertanya dan minta tolong tanyakan sama ayahanda nya mba hanum,, apakah bapak amin rais pernah bertemu secara langsung dengan buya hamka,, semasa buya hamka masih hidup,,,dan apak beliau berdua sering berbincang-bincang dahulu nya kalu bertemu..? Dan apa pendapat ayahanda nya mba hanum tentang buya hamka..? Maaf sebelum nya kalau pertanyaan saya ada yg salah mba hanum... Terima kasih.

    ReplyDelete
  20. Walaupun kemarin tidak bisa hadir dalam Bedah Buku karyanya dan menuturkan kisahnya secara live di Mu'allimin Jogja karena ada suatu halangan, saya sangat mengapresiasi penuh kisah mbak Hanum dalam Novelnya 99 Cahaya di langit Eropa... Sangat Menginspirasi dan Banyak Ilmu yang bisa diserap dari tulisan mbak.. Syukron Katsir! We Proud Of You! #SalamAnakPanahMuhammadiyah

    ReplyDelete
  21. can' t wait "99 cahaya di langit Eropa" in movie nya mbak :) semoga booming, amin..

    ReplyDelete
  22. Penasaran.. pengen buru2 tgl 5 desember :)

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum mba Hanum,salam kenal.

    Terima kasih ya sudah bersedia berbagi ilmu dan pengalaman melalui buku 99 cahaya di langit Eropa. Saya yang dulu belajar kesusastraan Prancis di bangku kuliah begitu takjub tentang jejak islam di Paris dan ada seorang muslimah asli Prancis,Marion Latimer, yang mengetahui luar biasa jejak islam di Prancis. Penjabaran mba Hanum tetntang Marion membuat saya merasa kenal dengan beliau padahal belum kenal sama sekali :-D. Semoga kelak saya bisa mengunjungi tempat-tempat yang mba Hanum sebutkan di dalam buku 99 cahaya di langit Eropa dan bertemu dengan Marion karena hal tersebut adalah salah satu impian saya. Tetap semangat dalam berkarya ya mba :-)

    Wassalamualaikum

    Cestriani

    ReplyDelete
  24. Mbak Hanum .. kita tunggu ya di UHAMKA :),, mau tau secara langsung bagaimana mbak hanum menggali keautentisitasan jatidiri muslim mbak di EROPA :D

    ReplyDelete
  25. mba hanum msh kenal sm guru ngaji mba hanum waktu kecil gk?? bu tari?? dia mama ku lho

    ReplyDelete
  26. Ceritanya inspiratif banget mbak Hanum.
    memotivasi saya untuk lebih mencari tau perkembangan islam di luar negeri, terutama di negeri yg minoritas.
    kalau mau ngundang mbak Hanum gimana ya caranya mbak?

    ReplyDelete
  27. bukunya inspiratif mbak hanum, suka banget....saya juga sudah membuat reviewnya di blog saya..karena novel ini begitu membuat saya terpesona dan syarat pengetahuan baru
    http://artyakinanthi.wordpress.com/2013/11/11/book-review-99-cahaya-di-langit-eropa/
    terus menginspirasi yah mbak hanum :)

    ReplyDelete
  28. Assalamu'alaikum mba Hanum,
    Hari ini saya baru saja menonton di Gala Premiere film "99 Cahaya di Langit Eropa". Subhanallah... sungguh film yang bagus dan berbobot sekali, apalagi ternyata ceritanya berdasarkan pengalaman nyata mba Hanum bersama suami selama tinggal disana.
    Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dari film tersebut, seperti sosok Fatma yang bersahaja dalam menyikapi hal yang sulit dan juga sejarah-sejarah Islam di Eropa yang banyak belum saya ketahui. Semoga suatu hari nanti saya punya kesempatan untuk melihat langsung dan menapaki jejak-jejak di Eropa seperti yang mba Hanum saksikan.
    Tetap berkarya ya mba Hanum, dan semoga selalu menginspirasi ^^

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum mba hanum, aku belom pernah sebelumnya baca buku mba, tp aku liat dipemberitaan dimedia, memang karya mba hanum menarik, aku bisa masih bisa dapetin karya mba dimana ya? Dan kapan nih bikin acara dikampusku univeritas trisakti mbaa{}hehe

    ReplyDelete
  30. Aslm. mbak, saking semangatny ak tuk membagi wawasan film ini rncananya mau ak rancang tuk nobar seluruh mhs yg ak ajar di IAIN Bengkulu mbak, subhanallah, very inspiring tuk disaksikan beramai-ramai...

    ReplyDelete
  31. Assalamu'alaikum mbag Hanum.,
    sya sngat terharu dgn karya mbag Hanum ini.,
    membuat sayalebih termotivasi untuk menjadi agen Muslim sprti yg dicta2 kan oleh Fatma temannya mbag Hanum.,
    tp sya msih bngung dgn "Benag Merah" dari novel ini mbag.,
    mohon penjelasannya yah mbag Hanum :) :)
    syukron :)

    ReplyDelete
  32. Assalamu'alaikum mbak Hanum....
    stelah mmbaca karya mbak Hanum saya sngat terinpirasi untuk dapat menjejakan kaki di tmpat2 sejarah Islam jg mbak....
    ingin lebih mengetahui sejarah Islam lebih dlm lg.,
    emm kalo blh tau mbak.,
    benang merah atau ksmpulan dr novel ini apa yah mbak..??
    mohon penjelasannya mbak Hahum :) :)

    ReplyDelete
  33. kota kota di dalam alur cerita novel dan film mbak hanum sangat menarik, mengembalikan saya pada posisi disaat menjadi aktivis mahasiswa yang sering berpetualang berkelana setelah mengikuti konferensi konferensi internasional di belahan bumi eropa. karya anda mengobati rasa kangen saya terhadap kota kota bersejarah tersebut, mudah2an setelah membaca novel dan menonton film ini, saya memiliki kesempatan kembali untuk berkunjung ke kota kota fenomenal diatas, salamun alaikum. yakusa

    ReplyDelete
  34. asalammualaikum mbak,, saya sangak anti dengan novel yang isi nya itu penuh dengan hak2 yang jauh dari sejarah ,, tapi buku 99 cahaya ini, sedikit besar nya membuka kembali kisah masa ke emasan di benua biru yang begitu megah,, makasih mbak,,

    ReplyDelete
  35. Salam kenal mbak hanum dan mas rangga..

    Aku belum nonton filmnya "99 Cahaya Di Langit Eropa" nih mbak #telat,, hehe
    Titip salamnya buat adek kecil yang cantik mbak, si gecchae :D

    ReplyDelete
  36. sangat menginspirasi, Mbak Hanum.
    Salam kenal, Mbak! Semoga saya juga bisa sampai ke Eropa. :)

    ReplyDelete
  37. Salam kenal mbak hanum dan mas rangga..
    Aku belum baca novel nya, tp udah nonton filmnya "99 Cahaya Di Langit Eropa" ...
    klo mau pesen buku nya g mna mbak???

    ReplyDelete
  38. Saya sudah baca novel 99 Cahaya di Langit Eropa dan sudah nonton filmnya. Bagus sekali mba, begitu mengalir. Namun ada tanya dalam diri, yang belum puas dan penasaran bila belum mendapat jawaban. Hanya saya takut mba hanum tersinggung. Mudah-mudahan pertanyaan saya dapat dimaafkan bila tidak benar. 1. Apakah mba Hanum berpaham Liberal sebagaimana orang-orang JIL ? 2. Apakah novel dan film 99 Cahaya di Langit Eropa sedang mendakwahkan jejak Islam terbesar di Eropa atau Paham Liberalisme ?

    ReplyDelete
  39. Assalamu'alaikum mba hanum.
    Salam kenal ya.
    Kmrn saya sudah nonton film 99 cahaya di langit eropa.
    Inspiratif banget filmnya.
    Untuk part 2 nya kapan tayangnya ya?
    ✽.мäķäsîн.✽ (✽ˆ⌣ˆ✽).
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  40. Film 99 cahaya dilangit Eropa sangat bagus....
    Subhanalloh sungguh luar biasa Islam..
    Semoga kita tetap berada di jalan Alloh swt amin..

    ReplyDelete
  41. klo film atou buku 99 cahaya di langit eropa ini bisa membrikan hidayah kepada saudara2 kita yang blom masuk islam trus jadi masuk islam. subhanallah...
    ini jalan dakwah yang luar biasa...amiin

    ReplyDelete
  42. mbak Hanum, aq dah nonton film 99 cahaya di langit eropa, aq sukaaa sekali dengan seluruh bagian film tersebut...sarat dengan makna dan pengetahuan ...

    ditunggu lanjutan filmnya yah mbak... :D

    ReplyDelete
  43. Dear Mba Hanum,

    Saya sudah baca bukunya sejak tahun 2011, itu pun sudah menarik sekali, di tambah nonton film tersebut, so makiiiin menarriikkk.... yang pasti inspiratif..
    Nggak sabar nunggu yang part 2 dan buku2 mba Hanum yang lain :)

    #Semoga aku bisa menjelajah Eropa juga :( Amin YRA


    Regards,
    RIta
    rita.sugiani@gmail.com

    ReplyDelete
  44. Assalamu'alaikum
    Ka hanum , saya ingin bertanya nih pada buku 99 cahaya ...
    Tentang wafatnya Kara Mustafa Pasha.
    Pada hal 83, tertulis dia wafat di medan perang
    Namun pada hal 84, ketika teman kaka,Fatma Pasha, bercakap satu arah dengan lukisan KMP dan berkata ... , dan pulang kau mati di penggal sultan.
    Jadi, yang benar yang mana ka ?
    Mohon penjelasan, mau diangkat ke mata kuliah Islamic Civilization History.

    ReplyDelete
  45. Assalamualaikum kak Hanum =)

    Salam kenal ya! Saya Hebatalla, kelas 6 =) Filem pertama yang saya nonton di bioskop ialah filem 99 Cahaya di Langit Eropa. Filem itu sangat menakjubkan dan menarik! Sehingga saya pergi mencari buku novel 99 CdLE. Sekarang, saya lagi di Malaysia. Saya juga membawa buku tersebut ke Malaysia.

    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama, film pertama yg saya nonton di bioskop juga film 99 Cahaya di Langit Eropa

      Delete
  46. Assalamualaikum
    saya udah nonton film teh hanum yg 99 CLDE, keceee mbaaa! that's I like it.
    sekarang saya makin bangga sama Islam, sinarnya nyampe ke eropa. tapi saya bingung kok eropa byk kristiani pdhl kan sejarah islamnya byk gt disana ._.

    ReplyDelete
  47. Subhanallah, Mba bagi dong cerita ke Majalah Keluarga MAHARTI...kami bolehh wawancara via email?prfil kami http://www.majalahmaharti.com/

    ReplyDelete
  48. Subhanallah, saya sudah pernah nonton film nya langsung. mantap (y)

    ReplyDelete
  49. Tante Hanum, watu saya lihat video profil Muhammdiyah Boarding schoolhttp://www.youtube.com/watch?v=fAAK1kVSmys , ada Prof.Dr.H.M. Amien Rais,MA. yg di maksud Amien Rais di video itu ayahnya tante Hanum kan??
    kalau iya saya senang sekali, karena ayah penulis fav saya yg meresmikan calon sekolah saya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  50. salam kenal mba Hanum,bukunya bnar2 menginspirasi....

    ReplyDelete
  51. Ass.wr.wb mba hanum perkenalkan saya Ade, saya sangat tertarik setelah menonton 99 cahaya di langit Eropa dan semenjak itulah saya sempat terpikirkan tema untuk menyusun tesis saya. mba hanum saya boleh minta kontak person nya?… krn kebetulan tema yang akan sy angkat dari film 99 cahaya di langit Eropa.sekali terima kasih atas kesempatannya untuk sharing. wass.wr wb

    ReplyDelete
  52. assalamu'alaikum mba hanum,,,salam kenal.
    saya fathmy dari jogja, setelah membaca buku 99 cahaya dan liat filmnya, jadi menginspirasi untuk terus cari pengalaman dengan orang2 baru....

    Makajsih mba bukunya,,semoga cepet nerbitin buku baru lainnya ya...

    ReplyDelete
  53. Mbak hanum . . .bsa minta alamat fb nya
    antum mmbuat sayaa berimajinasi ke eropa . . . .doakan mimpi saya untuk pergi kesana terwujud . . .amiiin

    ReplyDelete
  54. mbak hanum bisa minta no hp atau pin bb, mungkin saya adala 100 pembeli pertama buku mbak hanum sejak saya lihat di metro/trans pagi saat sarapan di grand senyiur hotel samarinda

    saya punya keyakinan akan mengunjungi tempat di novel itu satu persatu

    alhamdulilah tahun kemaren saya sdh ke paris dan mendatangi tempat2 tsb

    mei nanti saya ke madrid dan barcelona dapat reward dari kantor, dan ingin sekali melanjurtkan perjalanan ke cordoba ( mezquita) dan alhambra di granada... saya perlu referensi dari mbak hanum bagaimana start memulainya

    ini pin bb saya 29b6abdf.. mbak bisa juga via email saya neneng.axa@gmail.com

    ReplyDelete
  55. assalammu'alaikum wr.wb :)

    mbak hanum, saya vina... saya bru selesai ngebaca novel 99 cahaya di langit eropa.. ceritanya menyentuh banget mbak, apalagi pas mezquita dijadikan katedral oleh orng2 nonmuslim hati saya sakit mbak.. saya sedih sekarang umat islam masih tertidur sangat pulas, sampe2 gatau kalo mereka itu sedang diinjek2 oleh orang2 barat :(

    ReplyDelete
  56. Assalamualaikum..
    Hai hello mba.. :)
    Mau tanya, penayangan film 99 di langit Eropa 2 apa akan ada nobar dgn cast dan writerx ga yah? Kalo diadakan juga di Balikpapan bgm mb? Mgkin ada cp yg bs sy hubungi.
    Btw, smoga sukses tayang filmx, dan jg smoga bisa memberikan inspirasi bg yg nonton dech... :)
    Terima kasih,
    Wassalam,
    itsme!

    ReplyDelete
  57. Assalamualaikum mbak Hanum.
    Kemarin saya sudah nonton filmnya 99 cahaya part 2 .Saya nonton di hari pertama diputar di bioskop. Dan asal tahu aja Tgl 6 Maret 2014, udah di tandain tuh di kalender utk nonton 99 cahaya part 2. hehehe.....Saya dan suami mendapat tempat paling depan sendiri, saking membludaknya penonton ya. Awalnya mau batalin aja , tapi gpp deh yg penting hari ini bisa nonton. Btw, memang beda dengan yg part 1 ya. Dimana yang part 2 ini lebih mengangkat konflik antar pemainnya. Beda dengan yg part 1 yang porsinya lebih banyak mengeksplore keindahan tempat-tempat bersejarah yang menjadi saksi kejayaan peradaban islam di eropa. Tapi yang dahsyat....di endingnya yang di tampilkan gambar Ka'bah, Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Jabal Nur dll, saya tidak kuasa menahan air mata saya. Dan seperti ada kekuatan yang entah dari mana datangnya seolah membawa saya ke tempat suci tersebut. Mungkin apa pengaruh layar yang lebar di depan saya ya, secara saya khan duduk paling depan sendiri, tapi apapun itu saya mendapat suatu pengalaman spiritual yg luar biasa saat menonton film ya baru kali ini deh seumur2. Saya sendiri nggak tahu apa namanya ya, tapi saya seperti berada di tengah2 kerumunan umat muslim yg sedang thowaf mengitari ka'bah. Dan ikut berdesakan di depan multazam, saat ada gambar pintu multazam itu. Unbelievable ! Percaya nggak sampai-sampai nafas saya sesak beneran loh. Air mata mata udah nggak mampu lagi dibendung pake tissue deh, jilbab saya pada basah semua. So Amazing and spechless ! Bener2 mengingatkan saya saat menjalankan umroh setahun yang lalu.Dan yang seolah-olah merupakan kebetulan adalah pas hari ini saat saya nonton 99 cahaya, tanggal tayang perdananya bener2 bertepatan dengan saya menjalankan umroh tahun lalu, yaitu 06 Maret 2013. Subhanalllah....ini bukan kebetulan, ini pasti atas seijin Allah. Dan saya mendapat duduk paling depan ini juga bukan kebetulan, Allah pasti sudah mengatur semua ini hingga saya seperti masuk dalam alur cerita film ini. Bener2 dahsyat, spechless , amazing. Film ini membuat saya lebih bangga menjadi muslim dan merasa Allah lebih dekat dengan saya. Allahu Akbar. Mungkin Mbak Hanum sendiri nggak pernah menyangka sedahsyat ini ya efeknya, but it's true. Selalu ada jalan dari Allah untuk membuat kita mendekatkan diri kepada-Nya. Kami tunggu karya2 Mbak Hanum berikutnya yah, dan tetaplah menjadi inspirasi bagi banyak orang. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Ya Robbal'alamiin..

      Terima kasih untuk bukunya yang begitu mencerahkan, Mbak Hanum.
      Setuju banget sama komentar di atas.

      Jadi makin semangat menuntut ilmu dan belajar menjadi agen muslim yang baik.. Yang paling utama menjadi hamba Allah yang taat.

      :)

      Delete
    2. Terimakasih semuanya ya.... Energi positif ini menjadi bahan bakar saya dan rangga untuk selalu berkarya mengenalkan Islam lebih baik.

      Delete
  58. assalamualakum wr wb...mba hanum,..saya sdh baca buku 99 cahaya dilangit eropa dan berjalan diatas cahaya..dalam dua buku tersebut sepertinya saya mempunyai padangan hidup yg sama dengan nama2 tokoh yg aa dalam buku, namaku sitti fatima kaharu, lahir dari rahim kristen (mama mualaf ikut bapak ) mama tresno antibe dan berganti nama menjadi nuraini antibe asalnya dari sanger (sulut) dan bapak abdul kaharu asal gorontalo(sulut)...saya lahir diobi (halmahera selatan, propinsi maluku utara tgl 25011981, 33 thn yg lalu...saya dibersarkan di Galala-sofifi kini ibu kota propinsi maluku utara...saya di panggil Fat dan kemudian karena kakak jadi dipanggil chicy (kaka perempuan)...kami 4 bersaudara, yakti muhammad al gajaji, sitti fatima, sitti zubaida dan sartika putri...keluarga kami dibesarkan oleh cinta dan musik...dan pada tahun 1991 mama dipanggil sang khalik..kasih sayang kami dirampas oleh ibu tiri...sekian tahun saya bersabar demi bapak dan adik2..bapak saya kerja di purahan kayu BARITO GROUP dan dulunya orang berada tpi setelah nikah dgn ibu tiri...uang dia sdh tak buat kami lagi anak2nya...saya orang pertama yg menikah di masjid Al-munawwar ternate 101010...tpi setelah 3thn 3bln saya diceraikan suami karna belum punya keturunan...saya menikah karena allah dan membuat bangga bapak saya..tp selama menikah saya malah dimaki2 dan dibuat kayak pembantu...saya bermkasud menulis buku cuman awalnya dari mana saya bingung...otak dan tangan saya tak berhenti bergerak mungkin inilah karunia allah...sudikah kirainya mba bantu saya...banyak tulisan2 saya curahkan di fb dan dibaca ribuan teman saya..ada yg bilang saya fulgar mengumbar aib keluarga...masa bodoh...dari pada otak saya keram menampung ribuan cerita hidup..toh selama ini saya masih dijalur tuhan...tak neko2 dan cuma bepegang pada al quran hadist...alhamdulillah sholat fardu, tahajut dan duha masih lancar...saya lulus sma tahun 1999 di kelas 25, lahir 25 dan semua itu bukan kebetulan karena allah yg mengatur 99 is asmaul husna, 25 is nabia akhir zaman muhammad saw dan namaku sitti fatima...saya yakin sayalah titisan fatima azzahra karena saya tak takut/malu salam manusia selagi saya benar...kadag gambaran tentang dunia bisa saya liat setelah tahajud...kini saya pengen ke jogja karea baca buku mengenai borobudur adalah peninggalan nabi sulaiman..maha benar allah dgn segala kuasanya...moga mba hanum bisa bantu saya...wassalam

    ReplyDelete
  59. mba fimnya bagus sekali maksudku kisah nyatanya sedih sekali :d , aku penasaran dengan maria

    ReplyDelete
  60. maria, khan & stevhen . tolong donk di infoakun Twitter dan Facebook nya ya ...

    ReplyDelete
  61. Assalammualaikum kak Hanum... :) aku sangat terinspirasi oleh cerita kakak... nonton di bioskop itu seru banget aku suka banget deh sama filmnya (*^^*) kakak itu cantik,baik,dan tentunya solehah.wassalammualaikum kak hanum....

    BY YOUR BEST FANS


    DHIFA

    ReplyDelete
  62. Assalamu'alaikum Mbak Hanum...setelah saya menonton 99 CLDE, saya benar-benar terharu dengan cerita Aisya Pasha yang kuat dengan sakitnya, begitu pula dengan seorang Rangga yang berhasil mecpai gelar Phd di sana, dan Hanum yang menggunakan kerudung di akhir perjalanannya di Eropa. Sungguh kisah yang menarik untuk dipertontonkan, saya kebetulan seorang yang sakit, jadi, saya bisa semangat melihat kisah Aisya Pasha. terima kasih ya Mbak Hanum. Ditunggu kisah selanjutnya yang bisa memberi semangat dan memotivasi..

    ReplyDelete
  63. Assalamualaikum mba Hanum, saya baru saja menonton 99 CLDE sore tadi, terharu sekali dengan film nya mengingat awal tahun ini saya juga berkesempatan mengunjungi Hagia Sophia, Blue Mosque...dan Kabah,Mesjid Nabawi -kejutan luar biasa di akhir film yang membuat saya semakin rindu untuk kembali ke sana-
    Bila ada kesempatan saya ingin mengunjungi Cordoba -dan juga Aqsha-...Semoga kita semua bisa menjadi agen muslim terbaik.
    Salam kenal

    ReplyDelete
  64. Dear mba hanum..

    Mbak... keren 99 cahaya di langit Eropa nya.. jadi pengen mencari titik cahaya di Eropa juga... kaya mbak hanum... trims

    ReplyDelete
  65. assalam mbak hanum, saya fahmi dari UMY. kami ingin mengundang mbak dalam seminar kami bagaimana prosedurnya ya ?apakah boleh meminta email mbak hanum ?

    ReplyDelete
  66. assalamualaikum, mbak hanum mau tanya.. bukunya masih beredar di pasaran gak..?? aku mau dong ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada kok. klo tidak bisa dipesan melalui HRM (hanum rais management). Silahkan pesan melalui web ini, ada infonya.

      Delete
  67. Assalamualaikum Wr Wb
    Mohon saya dikirimi email Pak Amien, agar saya bisa langsung kirim saran ke beliau soal politik pasca pileg 2014
    trims bantuaannya

    ReplyDelete
  68. Assalamualaikum... mba hanum kenapa email nya tdk ada balasan.
    kami mau mengundang mba hanum di mesjid Pusdai Jabar dalam acara peringatan ke 2 Ramadhan sebagai bulan baca sedunia dengan tema Cahaya peradaban Islam

    ReplyDelete
  69. Assalamu'alaikum mba Hanum,salam kenal, nama saya anik arifah mahasiswi universitas muhammadiyah purworejo.
    ,mohon maf mb boleh ndak kpn kpn minta mb hanum buat jandi pembicara diseminar jurnalistik.

    ReplyDelete
  70. "Mendapatkan uang setela mengerjakan sesuatu yang kita sukai"

    saya telah mengirim ke email Anda :)

    Saya seorang Staf di sekolah yang satusnya masih NON-PNS, punya hobby musik yang beberapa waktu lalu tersalurkan di sebuah Radio FM di kota saya. bayaran nggak seberapa, tetapi kepuasan itu loh, :) :)...

    ReplyDelete
  71. selamat pagii kak... nama saya inayah damayanti.. saya bermaksud meneliti novel kakak yang judulnya 99 cahaya di langit Eropa.. saya bermaksud meminta biografi kakak dan suami kakak dengan lengkap bisa atau tidak??kalo bisa tolong kirimkan ke email maiia.dafa@gmail.com
    mohon bantuannya ya kak..
    trimakasii..

    ReplyDelete
  72. assalamuallaikum mbk hanum, senang sekali karena saya baru saja menghatamkan buku 99 cahaya di langit eropa. salah satu doa saya setelah membaca buku ini adalah heheh maaf ya mbk sebelumnya, semoga mbk hanum memilih untuk mengenakan kerudung bukan hanya saat ini. namun untuk seterusnya, eman2 kan mbk perjalanan ke eropanya heheheh.... saya juga bercita2 untuk menjadi seorang penulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien. smoga kita saling menjaga hijab masing-masing saya.

      Delete
  73. assalamaulaikum mba hanum ...
    nama saya ujang
    asal sukabumi tp tinggal merantau d bogor ...
    alhamdulialh kisah mba hanum dan mas rangga yg teranngkum dalam film 999 cahaya di langit eropa membngkitkan semngat saya untuk jdi manusia yg berguna di bumi ini....
    saya ingn sekali pnya pengalaman pendidikan d luar negeri seperti mas rangga ,,,,
    dan plang dpat mmbangun negeri ini...
    minimal berguna dalam masyarakat ...

    mhon mf sebelum nya ...
    mba hanum bagaimna sih mas rangga bisa jd seperti yg sekarang ini ...
    resep resep nya jg ....
    terima kasih mba hanum boleh d kirimkan d email saya ujangmimit@gmail.com
    mkasj sebelum nya mba hanum ...
    assalamualaikum

    ReplyDelete
  74. Tahniah kepada Puan Hanum . ceritanya bagus berdasarkan pengalaman berada di eropah . Saya juga suka nontonya .

    salam dari kota Istanbul

    Yeni dogan

    ReplyDelete
  75. Buku BTdLA nya sangat amat inspiratif semoga secepatnya bisa di filmkan lagi seperti film sebelumnya ... ada rencana bedah buku di kota bandung mba... klo ada share yah maba di twitter kapannya thanks ....

    ReplyDelete
  76. Assalamualaikum mbak Hanum,
    saya baru selesai nonton film 99 Cahaya di Langit Eropa Part 1 (telat banget ya, hehe)
    dan begitu terkesan dengan cerita di film. saya jadi ingin membaca novelnya juga. kalau ada rejeki semoga bisa lekas membeli novelnya dan membacanya :)
    terus berkarya mbak, sukses selalu :)

    ReplyDelete
  77. Assalamualaikum mbk hanum , ijin berkenalan dengan mbk hanum , mbk hanum makasih sekali berkat flim mbk hanum yg tadinya saya menyepelekan ini flim apa sihh , dan kurng tertarik , pada suatu malam aku iseng buka youtube dan ada suggest 99 cahaya dilangit eropa full movie , aku iseng buka dan ntn dan ternyata woww sekali, aku langsung suka bnget sama flimnyaa diflim itu aku mendapat banyak pelajaran dan pngetahuan baru tentang islam dan eropa , thanks mbk hanum , semoga akan ada cerita2 baru lagi dr mbk hanum yang dapat menginspirasi banyak orang , salam knl mbk hanum dari saya meidiana ;) kelak bisa bertemu dan bisa ngobrol kalo mbk pulang ke jgja

    ReplyDelete

Hi 99ers,
Silahkan ajukan pertanyaan , saran ataupun kritik tentang karya dan kegiatan hanum rais. Kami akan menjawabnya. No question yang menyinggung SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) ya ^_^ dan
Mohon maaf bila responnya lama :)